101 Perempuan Berkebutuhan Khusus Dapat Alat Bantu Gerak Secara Cuma-Cuma

Perempuan merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat. Era Globalisasi menjadikan perempuan lebih banyak memiliki fleksibilitas dan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas yang berkaitan dengan sosial masyarakat hingga yang bersifat personal.

Sebagai elemen penting, perempuan harus tetap mengambil peran di era ini, tanpa meninggalkan sisi feminitasnya. Modernisasi telah menjadikan perempuan dapat melakukan banyak hal dan mampu memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat dan negara secara lebih luas.

Namun bagi beberapa perempuan, keterbatasan pada hal tertentu terkadang dapat menjadi kendala yang menghambat mereka untuk dapat berkontribusi dan mengaktualisasikan diri secara maksimal. Keterbatasan yang dimaksud terutama disebabkan oleh keterbatasan fisik (difabel), sehingga perlu adanya dorongan untuk meminimalisir kendala tersebut agar dapat menjadi peluang untuk terus maju dan mandiri.

SAMSUNG CSC

Dompet Dhuafa (DD) – PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) melanjutkan upayanya dalam mendukung perempuan yang memiliki keterbatasan fisik (difabel) untuk berkontribusi positif bagi masyarakat luas.

Melalui pemberian alat bantu gerak bagi 101 perempuan di wilayah Jabodetabek secara Cuma-Cuma, DD dan PTTEP membantu para perempuan yang memiliki keterbatasan dalam bergerak agar dapat beraktivitas secara maksimal. Bantuan yang diberikan berupa alat bantu kursi roda dan skrup yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemberian bantuan ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh tanggal 8 Maret 2016, serta berkaitan dengan rangkaian peringatan ulang tahun Gerai Sehat Rorotan ke 1 tahun. Gerai Sehat Rorotan adalah klinik pelayanan kesehatan gratis bagi dhuafa, yang juga merupakan hasil kerjasama PTTEP dengan Dompet Dhuafa.

General Affairs Manager PTTEP Afiat Djajanegara mengatakan, bantuan alat gerak yang diberikan secara cuma-cuma ini tidak dibatasi oleh usia. “Kami memberikan bantuan ini khusus kepada para perempuan yang memiliki keterbatasan dalam bergerak dan memerlukan alat bantu gerak untuk mendukung aktivitas kegiatan sehari-hari, baik perempuan tua, anak-anak atau anak muda,” ujar Afiat.

Penjaringan peserta bantuan dilakukan berkerjasama dengan yayasan, LKC Dompet Dhuafa, Gerai Sehat Rorotan dan Yayasan Sosial di sekitar Jabodetabek.

”Saat ini alat bantu gerak yang diberikan sebanyak 101, namun ke depan kami berencana untuk bisa memberikan sebanyak 1.001 alat bantu gerak bagi mereka yang membutuhkan,” ujar Ismail A. Said selaku Presiden Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Salah satu sosok perempuan inspiratif yang ikut mendukung program ini adalah Angkie Yudistia. CEO Thisable Enterprise yang memiliki keterbatasan pendengaran sejak usia 10 tahun ini telah membuktikan bahwa ia mampu mandiri dan berprestasi lebih.

“Keterbatasan memang acapkali menjadi batu sandungan bagi beberapa penyandang disabilitas untuk mewujudkan impian. Rasa minder dan perlakuan diskriminasi orang-orang sekelilingnya inilah yang seringkali membuat orang-orang difabel atau disabilitas sangat sulit untuk mengembangkan dirinya,” ujar Angkie.

Angkie menegaskan di balik keterbatasan pasti ada kelebihan. Walaupun terbatas, bukan berarti harus terbatas melakukan apapun. Semua batas harus ditembus, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Lewat pemberian 101 alat bantu gerak bagi perempuan difabel ini, Angkie pun berharap para perempuan difabel di Indonesia, khususnya di Jabodetabek, bisa lebih berdaya dan berkaya, dalam artian mampu menjangkau aksesibilitas dan mandiri secara finansial, tanpa harus bergantung dengan orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s